banner 728x250

Kaum Santri Antarkan Pasangan Riyadi – Wafi Abdul Rasyid Mendaftar di KPU

  • Share
banner 780X90

Kang Riyadi – Gus Wafi Resmi mendaftar ke KPU diantar Ribuan Santri

Tuban Akuratmedianews – Ada fenomena menarik saat Wakil Bupati Tuban Riyadi dan Wafi Abdul Rasyid resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada pilkada 27 November nanti. Riyadi dan Wafi datang ke KPU Tuban Kamis (29/8/2024) malam. Yang menarik adalah, pasangan ini diantar oleh ratusan kaum santri. Lengkap dengan pernak-pernik khas kaum sarungan tersebut.

Example 300x600

Selama ini, kaum santri indentik dengan pendukung dari partai dengan basis atau yang memiliki kedekatan dengan organisasi keagamaan kental seperti PKB dan PPP. Namun, di Tuban kaum santri seolah mau menunjukkan bahwa pasangan yang mereka dukung adalah Riyadi-Wafi.

Pasangan yang digadang-gadang bisa menumbangkan pasangan Lindra – Joko Sarwono yang diusung koaliasi gemuk ini berangkat mendaftar dengan diantar ratusan pendukungnya. Pasangan Riyadi-Wafi juga diarak dengan ratusan obor,lilin dan kentongan.

Riyadi-Wafi berangkat mendaftar dengan jalan kaki dari pos di Perumahan Karang Indah Tuban yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kantor KPU Tuban di Jalan Pramuka. Sepanjang perjalanan iringan rebana dan bacaan salawat terus dikumandangkan.

Tiba di kantor KPU, sebelum masuk dan mendaftar, Riyadi sempat menyampaikan pidato singkat dan menyemangati pendukungnya untuk berjuang mewujudkan Tuban yang baru.

Riyadi juga menerangkan filosofi obor dan kentongan dalam pendaftarannya. Menurutnya memiliki makna yang mendalam dan sarat akan pesan kebijaksanaan. Obor dan kentongan adalah simbol-simbol tradisional yang telah lama menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jawa, termasuk di Tuban.

Dan mengandung nilai-nilai yang relevan dalam konteks kepemimpinan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Obor asalah simbol penerangan dan harapan,” ujar Riyadi.

Obor, kata dia, dalam filosofi Jawa, melambangkan penerangan. Cahaya obor yang terang di tengah kegelapan menjadi simbol harapan, bimbingan, dan pencerahan. Dalam konteks Pilkada, obor menggambarkan harapan masyarakat akan hadirnya pemimpin yang mampu memberikan arahan yang jelas dan membawa Tuban menuju masa depan yang lebih cerah.

“Riyadi dan Wafi dengan obor sebagai simbolnya diharapkan mampu menjadi penerang bagi masyarakat, memberikan solusi atas berbagai tantangan, dan membimbing Tuban menuju kesejahteraan,” tambahnya.

Sedang kentongan adalah imbol kebersamaan dan kewaspadaan. Kentongan, di sisi lain, adalah alat komunikasi tradisional yang digunakan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat, terutama dalam situasi darurat.

Filosofi kentongan mengandung makna kebersamaan, gotong royong, dan kewaspadaan. Ketika kentongan dipukul, masyarakat berkumpul untuk bersama-sama menghadapi situasi yang ada.

Dalam konteks kepemimpinan, kentongan melambangkan pentingnya komunikasi yang efektif dan kebersamaan antara pemimpin dan rakyat. Riyadi dan Wafi diharapkan mampu membangun komunikasi yang erat dengan masyarakat Tuban.

“Bisa mendengarkan aspirasi mereka, dan bersama-sama menjaga keamanan dan kesejahteraan daerah,” ucapnya.

Usai pidato Riyadi dan Wafi melangkah masuk ke kantor KPU Tuban untuk mendaftar secara resmi. Di ruang pendaftaran Ketua dan Komisioner KPU sudah menunggu.

Usai proses pendaftaran selesai, Riyadi menemui sejumlah wartawan yang sudang menunggu di ruang konferensi pers yang sudah disediakan oleh KPU. Riyadi mengaku proses pendaftaram lancar.

“Syukur saat pemeriksaan berkas tidak ada masalah,” katanya.

Saat ditanya kenapa memilih Wafi abdul Rasyid sebagai pasangannya, Riyadi menilai Gus Wafi—panggilan akrab Wafi Abdul Rasyid– sebagai sosok yang jujur dan amanah. Motto yang diusung pasangan ini adalah Tuban Baru.

“Motto ini sebagai komitmen kami menampung semua aspirasi dan harapan masyarakat Tuban yang belum terwadahi,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Gus Wafi adalah kiai muda yang hafidz Alquran dan lulusan Turki. Selama ini, Gus Wafi dakwah dan mengasuh pengajian rutin di sejumlah tempat. Gus Wafi adalah salah satu imam di Masjid Agung Tuban. Gus Wafi putra KH. Muhammad Ahmad Ainul Yaqin (Gus Mad) salah satu kiai dan tokoh agama berpengaruh di Tuban.

Pengalaman sebagai wakil bupati sejak 2020 membuat Riyadi paham bahwa masih banyak aspirasi dan pesan yang harus dijawab. Dan hal itu yang diupayakan untuk dilaksanakan jika diberi amanah oleh rakyat Tuban.

Sementara itu, Riyadi juga melakukan safari dengan berkunjung ke sejumlah tokoh. Salah satunya adalah ke KH.Fathul Huda mantan Bupati Tuban yang menjabat dua periode. Dalam foto yang beredar, Riyadi terlihat sowan bersama istrinya. Sedangkan saat menerima Riyadi, Fathul Huda didampingi istrinya.(rendra)

banner 780X90
Writer: NaliEditor: Eko
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *