Awas Hati-hati ! Rambu Peringatan Perlintasan Kereta Api di Blitar Banyak yang Rusak

by
WaRGA HARUS HATI-HATI : Banyak Rambu Perlintasan Kereta Api yang Rusak, Warga Diminta Berhati-hati

BLITAR, Akuratmedianews.com – Para pengguna jalan yang melewati sejumlah perlintasan kereta api di Kabupaten Blitar harus meningkatkan kehati-hatian. Sebab, sejumlah Early Warning System (EWS) atau rambu peringatan yang terpasang di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Kabupaten Blitar rusak.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka. Saat dikonfirmasi, Budi mengaku pihaknya sudah mengusulkan perbaikan ke Provinsi Jawa Timur.
“Kami sudah usulkan perbaikan. Karena kewenangan perbaikan ada di provinsi,” terang Budi, Kamis (14/4/2022).

Budi menjelaskan, usulan terkait perbaikan EWS ini menunggu rapat koordinasi di Surabaya.  Namun jika provinsi tidak memiliki  anggaran, kewenangan bisa dilimpahkan ke pemerintah daerah.

“Jika tidak anggaran, mungkin bisa dilimpahkan ke daerah. Nanti mau gak mau kita pasti juga berupaya menganggarkannya,” ujarnya.

Menurut Budi, kondisi EWS rusak tidak hanya terjadi di Kabupaten Blitar saja. Sejumlah wilayah lain  di Jawa Timur juga mengalami hal yang sama. Sembari menunggu perbaikan,  berbagai upaya untuk mengamankan perlintasan kereta api tanpa palang pintu terus dilakukan. Misalnya memasang replika polisi atau menempatkan petugas jaga.

“Upaya meminimalisir adanya kecelakaan terus dilakukan. Tak hanya oleh Pemkab Blitar, beberapa waktu lalu Polres Blitar juga memasang replika polisi di dekat perlintasan agar pengguna jalan lebih berhati-hati,” imbuhnya.

Selain itu, Dishub sudah merekrut 4 relawan yang ditempatkan di perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Sumberjo. Mereka mendapat honor yang  bersumber dari APBD.
“Kalau nanti kondisi anggaran sudah pulih seperti sediakala, kita akan menata anggaran dan mengupayakan perekrutan relawan di titik lokasi lainnya,” pungkasnya. (suko)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.