Beruntung, 60 WBP Lapas Tuban Dibekali Ketrampilan Bersertifikat Keahlian

by
KERJASAMA : Kepala UPT BLK Tuban Menandatangani Kerjasama dengan Lapas Tuban

TUBAN, Akuratmedianews.com – Sebanyak 60 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur ini beruntung.

Sebab, saat usai menjalani masa hukumannya nanti, mereka bisa memanfaatkan keahliannya untuk mencari pekerjaan atau membuka usaha sendiri. Sebab, keahlian itu dibuktikan dengan sertifikat keahlian dari lembaga resmi yang diakui kualitasnya.

Itulah yang dilakukan Kepala Lapas (Kalapas) Tuban Siswarno dengan menandatangani  Perjanjian Kerjasama Pelatihan dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban. Selasa, (29/03/2022).

Ada tiga pelatihan kerja yang saat ini dilaksanakan yaitu elektronik, laundry dan membatik. Peserta pelatihan akan dilatih oleh instruktur ahli dan mumpuni di bidang masing-masing.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pegawai yang telah mendukung program pembinaan ketrampilan di Lapas Tuban dan untuk warga binaan,’’ ujar Siswarno.

Dia berpesan, ilmu yang didapat oleh para WBP peserta pelatihan dimanfaatkan dengan baik.

‘’Ambil hikmahnya, kalian bukanlah penjahat tapi hanya tersesat atau salah jalan,’’ kata pria yang tinggal di Kecamatan Semanding ini.

Upaya Lapas Tuban membina dan memgarahkan para WBP untuk menjadi pribadi yang lebih baik terus dilakukan. Banyak program yahg sudah dilaksanakan demi meningkatkan atau membekali ketrampilan pada WBP.

‘’Kali ini kalian dibekali dengan ketrampilan sehingga bisa berguna untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat umum setelah bebas dari lapas tuban,” tandas Siswarno.

Diharapkan dengan program pembinaan ketrampilan ini dapat menghasilkan tenaga – tenaga yang profesional, terampil dan juga bersertifikasi serta menghasilkan warga binaan yang memiliki ketrampilan kemandirian dan juga kreatifitas yang tinggi.

Sementara  Kepala BLK Tuban Takhiyat menjelaskan, UPT BLK Tuban  meminta ketrampilan yang sudah nanti, dapat mengubah mental dan moral para WBP sehingga menjadi lebih baik setelah keluar Lapas nanti. Sehingga para mantan WBP bisa masuk dunia kerja.

‘’Yang penting sikap mental dan berakhlak mulia. Berterimakasihlah pada Kalapas yang sudah menjalin kerjasama dengan BLK. Dan tidak berhenti di sini, kita akan terus berkolaborasi dan berkoordinasi,’’ katanya. (rendra)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.