Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Bersama H. Jusuf Kalla dan Prof. Haedar Nashir Resmikan Masjid Al Fattah Tulungagung

by

Tulungagung akuratmedianews.com –  30 Maret 2022
Masjid Al Fattah Tulungagung hari ini (29/03/2022) telah diresmikan langsung oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia H. Jusuf Kalla, Gubernur Jawa timur Khofifah Indar parawansa, PP. Muhammadiyah Prof. H. Haedar Nashir dengan menandatangani bersama di atas batu prasasti.

Masjid yang telah dipugar pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2021 kini telah menjadi ikon tersendiri bagi kaum muslim Tulungagung khususnya Muhammadiyah, karena masjid yang terletak di Kepatihan Kabupaten Tulungagung ini merupakan pusat kegiatan keislaman, kepemudaan sampai kajian keilmuan.

Dalam sambutannya ketua PW Muhammadiyah H. Sa’ad Ibrahim mengkisahkan, ” Bahwa pada 2018 lalu PD. Muhammadiyah Tulungagung berkeinginan membongkar total Masjid Al Fattah dan akan dibangun 3 lantai dengan anggaran 6 Milliar, namun dana yang dimiliki hanya 19 Juta”, ungkapnya.

“Selepas pengajian Ahad Pagi pada waktu itu, tiba-tiba ada seorang jamaah yang menghampiri beliau dan siap membantu pengembangan masjid dengan sumbangan dana 10 Milliar dan akhirnya pengembangan Masjid Al Fattah ini bisa terwujud seperti sekarang”, tandasnya.

Ketua DMI Jusuf Kalla mengatakan, “desain dan konsep masjid Al Fattah sangat bagus dan indah, bahkan terindah di Indonesia. Kita berharap kehadiran masjid bisa membawa kedamaian dan kerukunan umat beragama”, terangnya.

Jusuf Kalla juga berpendapat, ” masjid ini tidak hanya sekedar menampilkan sisi indahnya bangunan, tapi juga menekankan pentingnya mencerminkan Islam yang toleran bagi sesama. Artinya, jamaah yang datang bisa beribadah dengan tenang dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk ibadah dan kegiatan sosial, Islam itu netral dan tidak ada yang radikal,” pungkasnya.

Design yang disuguhkan Masjid Al Fattah Tulungagung memang sangat modern, dilengkapi dengan kain kiswah yang panjangnya 6,6 x 3,5 meter dengan berat sekitar 100 Kg, terdiri dari 40 Kg benang emas.

Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, “Masjid di Indonesia yang memiliki kain kiswah sangat langka. Sehingga kain kiswah bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah untuk menjalankan ibadah di Masjid Al Fattah” ,tutur Bunda Gubernur (sapaan akrab Khofifah).

Khofifah sangat kagum dengan design Masjid Al Fattah yang modern dan unik, ” Masjid Al Fattah menjadi kekuatan yang tak hanya menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah, melainkan berpotensi juga menjadi jujukan jamaah sebagai destinasi wisata masjid”, tutur Gubernur Jawa timur ini.

Gubernur Jawa timur mendorong terus berbagai kegiatan dapat terlaksana di masjid, “Jawa timur memiliki masjid kurang lebih 42.667 masjid, maka kami mendorong terus berragam kegiatan yang membawa kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat bisa dilaksanakan di masjid, sehingga masjid bisa menjadi pusat beribadah, pusat pendidikan, pusat ekonomi dan juga pusat dakwah,” terangnya.

Turut hadir dalam peresmian Masjid Al Fattah Tulungagung, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Ketua PP. Muhammadiyah Prof. H. Haedar Nashir, Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, Kapolres AKBP Handono Subiakto dan sejumlah tokoh pimpinan Muhammadiyah baik dari Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa timur dan Pengurus Daerah Muhammadiyah Tulungagung. (FA)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.