Ini Desa di Tuban yang Bakal Dilintasi Proyek Jalan Tol

by
JALAN TOL : Jalan Tol Semarang - Demak Ini Bakal Menyambung dengan Tuban (istimewa)

TUBAN. Akuratmedianews – Sebanyak 41 desa di enam kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur bakal dilintasi proyek jalan. Proyek jalan tol yang merupakan proyek nasional ini akan menghubungkan Tuban-Demak dan Tuban-Ngawi. Saat ini, Pemkab Tuban mulai menyiapkan diri mendukung proyek jalan tol tersebut.

Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar konsultasi publik proyek tol Demak-Tuban untuk masyarakat pada Rabu (16/2/2022) hari ini. Peserta dari unsur masyarakat yang hadir diminta untuk membawa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Data yang dihimpun menyebutkan, untuk proyek ruas jalan tok Tuban-Demak akan melintasi 35 desa di lima kecamatan. Yakni mulai Kecamatan Bancar sembilan desa, Tambakboyo empat desa, Kerek sembilan desa, Merakurak tujuh desa dan Semanding enam desa. Sedangkan untuk ruas jalan tol Tuban-Ngawi akan melintasi  enam desa di Kecamatan Plumpang.

Hanya, soal kepastian desa dan kecamatan yang dilintasi proyek ini masih belum pasti. Sebab, ada informasi masuknya jalur tok Demak-Tuban ke wilayah Tuban dimulai dari Kecamatan Jatirogo di Desa Sadang atau Desa Ngepon dan sebagian wilayah Kecamatan Grabagan. Sedang untuk wilayah timur juga dikabarkan bakal melintasi Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang.

Dalam undangan konsultasi publik yang diketahui Sekda Tuban Budi Wiyana, tertulis bahwa setiap kabupaten yang dilalui rute tol Demak-Tuban untuk memfasilitasi kegiatan konsultasi publik. Sesuai dengan surat yang dikeluarkan Kementrian PUPR Nomor BM 0201 -Pj/30 tentang permohonan fasilitasi konsultasi publik.

Agenda konsultasi publik yaitu penyusunan dokumen lingkungan melalui kegiatan Engineering Service Project (SFC)Toll Road & Bridge Final Business Case (FBC) and Bidding Document Ruas Tol Demak-Tuban.

Saat ini, masyarakat sudah mulai ramai membicarakan proyek tol Demak-Tuban tersebut. Rencananya, ruas tol tersebut akan melintasi desa-desa di wilayah Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Rembang, Jawa Tengah dan Tuban, Jawa Timur.

Berbagai sumber menyebutkan, jalur tol dari arah Jateng tersebut akan memasuki wilayah Tuban di Kecamatan Jatirogo dan informasi masuk dari Kecamatan Bancar. Untuk wilayah Jatirogo lokasinya direncanakan berada di Desa Sadang atau Desa Ngepon.

Ruas jalan tol selanjutnya menuju wilayah selatan Kecamatan Tambakboyo yang meliputi Desa Dikir dan beberapa desa lainya.

Kemudian menuju selatan ke wilayah Kecamatan Kerek, melalui Kecamatan Montong dan sebagian wilayah Kecamatan Grabagan. Masuk ke wilayah Kecamatan Semanding hingga Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang yang berada di perbatasan Kabupaten Tuban dan Lamongan.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaa Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR PRKP) Tuban, Agung Supriyadi, belum mau banyak komentar. Untuk proyek tol dari arah barat, sudah dimulai pembangunannya jalan tol Semarang-Demak dan akan berlanjut Demak-Tuban.

Namun, proyek tol tersebut masih tahap kajian dan belum dapat dipastikan rutenya seperti yang sedang ramai dibicarakan publik saat ini.

‘’Proyek tol tersebut informasinya masih menunggu anggaran dan investor yang akan mengerjakan. Untuk desa yang akan dilewati tol Tuban sangat mungkin akan berubah,” katanya. (narendra)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.