KEJAM: Bendahara Dan PJ Kepala Desa Gunung Bekel Diduga Gelapkan Dana RTLH Warganya.

by

PROBOLINGGO,akuratmedianews.com-Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia No. 07/PRT/M/2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya,

Rumah Tidak Layak Huni yang selanjutnya disingkat RTLH adalah rumah yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan bangunan, kecukupan minimum luas bangunan, dan kesehatan penghuni.

 

 

Kegiatan pembangunan rehabilitasi RTLH tersebut mempunyai tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan tersedianya pelayanan perumahan yang layak huni bagi penduduk miskin agar hidup lebih sejahtera.

 

Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh seorang PJ Kepala Desa Gunung Bekel KecamatanTegalsiwalan Kabupaten Probolinggo Suto Eko Budiman bersama Bendahara nya, dimana keduanya diduga menggelapkan Dana Desa (DD) yang mestinya digunakan untuk proyek RTLH (Bedah rumah /red) warganya.

 

Saat diklarifikasi terkait rencana RTLH dan pencairan dana desa tersebut,PJ Kepala Desa Gunung Bekel (SB) membenarkan bahwa anggaran dana yang dicairkan bersama Bendaharanya pada awal bulan April 2022 tersebut sudah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.Bahkan dirinya mengungkapkan bahwa bendaharanya juga menikmati manisnya uang yang mestinya diperuntukkan untuk merenovasi rumah warganya yang ada di Dusun Krajan yang selanjutnya dialihkan ke Dusun Gunung.

 

“Uang itu sudah habis kami gunakan untuk kebutuhan sehari-hari mas.Bukan hanya saya,Uang itu kami bagi dua bersama Bendahara desa (BN)”jelas SB (PJ Kades) kepada Kontributor akuratmedianews.com Probolinggo.

 

Namun seakan mencari pembenaran diri,kedua pejabat pemerintah Desa Gunung Bekel tersebut saling tuding.BN(Bendahara desa Gunung Bekel) membenarkan apa yang dijelaskan oleh PJ Kepala Desanya,namun dirinya membantah kalau hasil pembagian dari nominal dana tersebut sama.

 

Menurutnya,dirinya memang benar menikmati dana tersebut,namun PJ Kadesnya lebih banyak mengambil bagian.

 

“Apa yang dikatakan Pak PJ Kepala Desa Gunung Bekel benar adanya, bahwasanya dana yang semestinya digunakan untuk merenovasi rumah warga yang mendapatkan peralihan dari warga yang mendapatkan program RTLH itu sengaja kami cairkan diawal bulan April 2022 karena akan kami pakai,namun uang itu lebih banyak diambil pak PJ Kepala Desa daripada saya”ungkapnya Senin (25/4/2022)

 

Tim pendamping Desa tingkat kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo saat di klarifikasi terkait hal ini sangat menyayangkan apa yang dilakukan oleh kedua pejabat desa tersebut.Bahkan dirinya akan segera menindaklanjuti permasalahan ini hingga ke Pemerintah kecamatan setempat.Rabu(27/4/2022)

 

“Ini sudah salah besar,karena pasca dana anggaran tersebut dicairkan, semestinya harus langsung dilanjutkan dengan proyek pengerjaan.Sehingga warga masyarakat benar benar bisa merasakan manfaat dari apa yang diprogramkan oleh kementerian desa,”jelasnya.

 

 

Selain itu tim pendamping desa tingkat kecamatan menambahkan,bahwa fihaknya akan segera menemui fihak fihak terkait agar secepatnya program RTLH untuk warga Dusun Gunung, Desa Gunung Bekel KecamatanTegalsiwalan segera direalisasikan sebelum Hari raya ‘idul Fitri 1443H.

 

“kami akan menindaklanjuti nya,Sehingga warga tersebut bisa berlebaran dengan kondisi rumah yang lebih layak,”Pungkasnya.

 

 

Shol

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.