Kemenag Tuban Dorong Pengembangan Madrasah Ramah Anak

by
DORONG MADRASAH RAMAH ANAK : Kepala Kemenag Tuban Munir Men dorong Pengembangan Madrsah Ramah Anak

TUBAN, Akuratmedianews.com – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban berupaya untuk mengembangkan madrasah ramah anak. Karena itu, kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tentang konvensi hak anak didorong untuk terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Tuban Ahmad Munir saat menghadiri bimtek terkait konvensi hak anak yang digelar Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tuban, Kamis (21/4/2022). Selain konvensi hak anak, juga ada materi  Disiplin Positif Bagi Pendidik untuk Mewujudkan Madrasah Ramah Anak (MRA).

Ahmad Munir, berharap dengan adanya bimtek ini mampu mewujudkan madrasah yang nyaman dan menjadi wiyata mandala.

“Madrasah-madrasah di bawah lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Tuban harus mampu menciptakan bagaimana caranya agar anak nyaman, nyaman dalam belajar, berkreasi, tidak ada kekerasan baik yang dilakukan oleh guru, antarsiswa, maupun pihak lainnya sehingga anak betah di madrasah,” ujarnya.

Ahmad Munir mengajak  menjadikan madrasah sebagai  taman yang indah bagi anak-anak. Para guru (pendidik) diberikan kesabaran dalam melatih dan mendidik anak. Karena anak-anak itu, kata dia, bisa menarik tangan kita ke surganya Allah SWT.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Langitan Tuban ini juga mengingatkan kepada para guru madrasah untuk mendidik tanpa ada emosi dalam hati.

“Tugas guru adalah mentransfer ilmu, jangan ada emosi dalam menjalankan tugas dan kewajiban, guru harus memainkan peran yang penting dalam terciptanya madrasah ramah anak,” pesannya.

Bimtek dilaksanakan di hall MAN 2 Tuban. Kepala MAN 2 Tuban, Tasmo menjelaskan, materi bimtek pertama disampaikan oleh Zulkifli Hasan, dari Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah secara virtual melalui sambungan Zoom. Selain Zulkifli Hasan, materi pada bimtek KHA, MRA, dan Disiplin Positif Se KKM MA Tuban 2 ini juga disampaikan oleh narasumber Bekty Prastyani selaku Fasilitator SRA Jawa Timur.

Kakankemenag Tuban juga menandatangani deklarasi satuan madrasah ramah anak diikuti Kasi Pendidikan Madrasah dan Kepala MAN 2 Tuban. Pelatihan yang diselenggarakan dilaksanakan selama dua hari ini berisikan materi Konvensi Hak Anak dan implementasinya dalam MRA, implementasi KHA, implementasi MRA, disiplin positif, dan materi PKRA.

Peserta bimtek adalah perwakilan dari MA se KKM MAN 2 Tuban dan perwakilan dari wali murid MAN N2 Tuban, serta perwakilan siswa siswi MAN 2 Tuban.(rendra)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.