banner 728x250

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Lumajang, Semarak Gelar Budaya dan Sinergitas Daerah

  • Share
banner 780X90

Lumajang Akuratmedianews.com – Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Timur, tiba di Kabupaten Lumajang pada Sabtu sore (29/9/2024). Pataka ini sebelumnya menempuh perjalanan dari Kabupaten Jember, sebagai bagian dari perjalanan estafet yang mengusung tema “Sigap Pilkada Damai Jawa Timur 2024” menjelang Pilkada Serentak yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Kedatangan Kirab Pataka di Lumajang disambut dengan meriah, diiringi pertunjukan kesenian tradisional seperti tari topeng Kaliwungu, jaran slining, dan reog. Prosesi serah terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya diawali dengan penyerahan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Jember, Bambang Saputro, kepada Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, dan kemudian diestafetkan kepada Plt. Kasatpol PP Kabupaten Lumajang, Hindam Adri Abadan.

Example 300x600

Selain itu, dilakukan juga penyerahan Pataka Praja Wibawa, Yudha Bramajaya, Satlinmas, dan Ribka Prasasti dari petugas Satpol PP Kabupaten Jember kepada petugas Satpol PP Kabupaten Lumajang.

Dalam upacara tersebut, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni, SH, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara. Ia juga membacakan Ripta Prasasti yang ditulis di atas daun lontar, yang berisi pesan dari Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono. Dalam pesannya, gubernur mengajak seluruh pimpinan daerah untuk menjaga sinergitas dan kolaborasi demi membangun kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

“Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI adalah harga mati yang harus dijaga dan dilindungi oleh segenap jiwa dan raga. Sinergitas dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan pembangunan menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Optimis Jatim bangkit, Jawa Timur maju, Indonesia maju. Dirgahayu Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Setelah upacara serah terima, Indah Wahyuni menjelaskan bahwa Kabupaten Lumajang merupakan etape ke-11 dalam Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ini. Ia juga berterima kasih kepada Bea Cukai Probolinggo yang telah mendukung acara tersebut yang dikemas dalam rangkaian Gelar Budaya dan Gempur Rokok Ilegal.

“Mudah-mudahan ini bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai penyemangat bagi kita semua, antara Provinsi Jawa Timur dan pemerintah kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. Terima kasih kepada Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur dan Forkopimda Kabupaten Lumajang,” ucapnya.

Pataka Jer Basuki Mawa Beya dan bendera logo Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur akan bermalam di Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang, sebelum diberangkatkan ke kabupaten/kota selanjutnya. Kirab Pataka tersebut akan berlangsung estafet melalui 38 kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur sebagai simbol persatuan dan kebangkitan daerah. ( Nang)

 

banner 780X90
Writer: RedaksiEditor: Redaksi
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *