Lapas Tuban Bentuk Gudep Pramuka

by
LATIHAN PRAMUKA : Para Warga Binaan Menerima Latihan Pramuka

TUBAN, Akuratmedianews.com – Warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur mendapat pendidikan kepramukaan sebagai sarana  pembentukan karakter.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Lapas Tuban dengan melibatkan 18 narapidana, pada Jumat (18/02/2022). Di Lapas Tuban ini juga sekaligus dibentuk Gugus Depan (Gudep) Pramuka.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB  Tuban Siswarno menjelaskan, kiprah Pramuka tidak hanya ada di lingkungan sekolah saja. Perannya dirasakan di instansi-instansi pemerintah, salah satunya Gerakan Pramuka di Lapas Kelas IIB Tuban

“Dibentuknya Gudep Pramuka di sini penting, karena mereka berperan untuk membina WBP, agar terjadi perubahan karakter menjadi lebih baik,” ucap Siswarno.

Ayah dua anak tersebut menambahkan pembinaan karakter dan mental melalui kegiatan kepramukaan yang dilakukan Lapas Tuban dengan menyasar warga binaan sebagai upaya untuk mengembalikan semangat dan jati diri warga binaan.

“Semuanya bermanfaat bagi pembinaan WBP karena Idealnya seluruh WBP bisa mengikuti kegiatan Pramuka. Namun kembali lagi kepada minat dan bakat WBP,” tandasnya.

Sementara itu, BM (21) narapidana kasus narkoba mengungkapkan jika dirinya senang mengikuti pramuka. Dia berujar bahwa ini bisa menjadi pengalaman yang baik terlebih saat di sekolah pernah mengikuti Pramuka juga.

“Seneng bisa ikutan Pramuka pak, aku dulu pernah ikutan di sekolah. Di sini bisa aktif lagi,” katanya. (narendra)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.