Ratusan Aliansi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Kepung Kantor Bupati Probolinggo

by

PROBOLINGGO,Akuratmedianews.com-Ratusan massa aksi yang terdiri dari Aliansi BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) se-Probolinggo Raya dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Probolinggo menggelar aksi demokrasi di depan Kantor Bupati Probolinggo yang berada di jl.raya Panglima Sudirman, Kraksaan,Kamis (14/4/2022) siang.

Ada sedikitnya sembilan tuntutan yang disampaikan oleh peserta aksi dalam orasinya kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo.Dimana Pemerintah Kabupaten Probolinggo diminta untuk melakukan audit lingkungan pesisir pantai,dan tidak mengeluarkan terkait izin pembangunan dan pemekaran tambak udang modern yang merusak lingkungan, utamanya tanaman mangrove.

Alih fungsi lahan mangrove, banjir rob dan limbah industri yang bermuara ke laut yang mengakibatkan krisis sosial ekologis yang terjadi di pesisir Probolinggo juga menjadi tuntutan mahasiswa.

Mahasiswa juga menuntut Pemerintah Kabupaten Probolinggo tetap mengusulkan stabilitas harga BBM. Menuntut Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengawal stabilitas PPN.Selain itu,mahasiswa juga menuntut Pemerintah Kabupaten Probolinggo merekomendasikan kepada pemerintah pusat untuk mereformasi kebijakan kenaikan BBM jenis Pertamax.
Mendesak Pemerintahan Kabupaten Probolinggo ikut serta mengusulkan stabilitas harga pupuk dan harga pangan seperti minyak goreng.

Mahasiswa juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berdialog, baik intra maupun ekstra kampus dalam kajian-kajian strategis terkait kebijakan pemerintah.

Hal itu disampaikan setelah mahasiswa melakukan orasi secara bergantian di depan Kantor Bupati Kabupaten Probolinggo. Aksi demonstrasi sempat memanas ketika mahasiswa nekad ingin menerobos pintu gerbang Kantor Bupati Probolinggo.

Pantauan kontributor akuratmedianews.com Probolinggo dilapangan,sempat terjadi kericuhan antara mahasiswa dengan aparat keamanan saat mahasiswa membakar ban dan mencoba memblokade jalan.Kejadian tersebut karena para mahasiswa peserta aksi kesal, pasalnya Plt Bupati Probolinggo tidak kunjung menemui mahasiswa.

Namun kericuhan tersebut reda setelah Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Kadhafi menghimbau mahasiswa untuk tidak mengganggu aktivitas masyarakat lain dalam aksinya.

“Kami selaku aparat mengawal adik-adik dalam menyampaikan aspirasi dimuka umum,namun jangan sampai mengganggu aktivitas dan hak orang lain.”jelas Kapolres Probolinggo.

Setelah Plt Bupati Probolinggo menemui masa aksi, Situasi demo sedikit terkendali.Apalagi setelah perwakilan mahasiswa di ijinkan masuk ke ruang pertemuan Jabung 3 Kantor Bupati Probolinggo untuk berdialog terkait tuntutannya.

Plt.Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa pihaknya menyepakati sembilan poin yang menjadi tuntutan para mahasiswa.Dirinya juga meminta agar kesepakatan tersebut dikawal bersama.

“Demi kemajuan Kabupaten Probolinggo,marilah kita kawal bersama.Marilah kita diskusikan bersama jika ada permasalahan.Silahkan kontrol dan beri masukan usulan atas kinerja saya.”Jelas Plt.di depan peserta aksi.

Sholeh

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.