Ratusan Kesenian, Ramaikan Pawai Budaya Desa Sumberbulu

by

PROBOLINGGO, Akuratmedianews.com – Pemerintah Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo menggelar Pawai Budaya dan kirab gunungan.Kegiatan yang mampu mengundang puluhan ribu warga tersebut, dalam rangka bersih desa dan selamatan desa setempat yang digelar pada,Sabtu (24/09/2022).

Acara pawai budaya (Karnaval) yang di ikuti oleh seluruh RT/RW se Desa Sumberbulu tersebut,mampu membuat kawasan dan jalananan desa mendadak menjadi lautan puluhan ribu manusia dari dalam dan luar wilayah setempat hingga malam tiba.

Supmawati,SE. Selaku Kepala Desa Sumberbulu mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh warganya dan bekerja sama dengan pemerintah desa,dengan tujuan mengharapkan berkah dari sang maha kuasa atas segala limpahan dari hasil bumi.

“Inilah wujud rasa syukur kami sebagai warga Desa Sumberbulu terhadap Allah SWT,atas segala apa yang kami dapatkan selama ini dalam kehidupan sehari-hari. Antusias warga dalam menyemarakan dan kesuksesan acara ini, merupakan wujud kekompakan warga dengan pemerintah desa,dalam memajukan dan membawa Desa Sumberbulu ke depan lebih baik dan semakin maju,”ungkap kepala desa yang berwibawa tersebut.

Dirinya menambahkan,bahwa dirinya selaku ibu dari warga Desa Sumberbulu mengucapkan rasa terimakasih atas segala kekompakan dan dukungan warganya.Dirinya mengajak seluruh warga Desa Sumberbulu untuk bersama sama membawa desa ini maju kedepannya.

“Kegiatan ini tidak akan sukses tanpa dukungan dan kekompakan sesama warga.Saya pribadi ,dan atas nama Pemerintah Desa Sumberbulu,sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang mendalam atas semua ini,semoga Desa Sumberbulu semakin maju kedepannya.Makmur dan sejahtera masyarakatnya,”Ungkap Kepala Desa ramah tersebut sambil meneteskan air mata kebahagiaannya.

Ditempat terpisah,dan masih disela sela ramainya acara,Ifa, salah satu warga RT 06/RW 02 mengungkap rasa bahagianya atas diselenggarakannya acara Pawai Budaya ini.Menurutnya, kegiatan yang digagas oleh  kepala desanya ini sangatlah tepat dan mempunyai nilai positif tersendiri dari warga.Pasalnya, selama beberapa tahun saat covid-19 melanda,warga haus akan kesenian dan tontonan masyarakat.

“Satu kata buat Kepala Desa Sumberbulu, Bu Tenggi Is The Best,”Ungkapnya singkat sambil mengacungkan dua jari jempol.

Dari pantauan berbagai media,ada banyak hal unik yang di suguhkan oleh warga dari  masing masing RT/RW utuk masyarakat yang hadir dalam pawai budaya tersebut. Seperti halnya Tarian “Re re re”,Grup Drum band,aneka gunungan hasil bumi,polo wijo, kesenian Reog,Atraksi belah diri,Ilustrasi kehidupan masyarakat,Aneka mobil hias,dan fashion busana adat dari berbagai daerah .Bahkan,patung “Ogo Ogo (Hanoman)”,persembahan RT 08/RW 04 mampu menyita perhatian publik.

Patung setinggi enam meter dengan lebar empat meter tersebut, keseruan aksinya  yang mampu menyita seluruh bahu jalan tersebut mampu mengembalikan semangat para pengunjung sekalipun hujan deras mengguyur para peserta pawai budaya.

“Ini merupakan simbol semangat kami sebagai warga Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan dalam memajukan dan memberikan yang terbaik bagi warga dalam memajukan desa ini.Panas mentari dan hujan bukan rintangan bagi kami.Kami berkeyakinan,hujan ini merupakan tanda bahwa Allah SWT, selalu memberikan rahmat bagi kami warga Sumberbulu yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani,”Ungkap Uul,Sekretaris Desa.

Perlu diketahui,selain acara Pawai Budaya ini, Pemerintah Desa Sumberbulu masih mempunyai agenda hiburan untuk warganya pada Sabtu,01 September 2022 besok yang di tempatkan dilapangan desa setempat pada jam 15:00 wib ( jam 3 sore).

Dalam acara selamatan desa,yang sekaligus  memperingati hari kesaktian Pancasila tersebut, Pemerintah Desa Sumberbulu akan dimerihakan oleh beberapa artis papan atas serta “LALA WIDY dan Cak Sukur Cs” bersama OM Grup Musik Harmonis.(Shol)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.