Ratusan Paket Takjil Di Bagikan Gratis Gemparkan Pengguna Ruas Jalan Tegalsiwalan – Banyuanyar

by

PROBOLINGGO,F-wamipro-com – Rasulullah Saw menyampaikan bahwa bulan Rajab adalah bulannya Allah Swt yaitu bulan dimana Allah mengundang Rasulullah untuk mikraj (naik) ke langit.

Sedangkan bulan Sya’ban adalah bulannya Rasulullah Saw, yaitu bulan dimana Rasulullah memperbanyak ibadah di bulan tersebut.

Sementara bulan Ramadhan merupakan bulannya umat Nabi Muhammad Saw,Di bulan Ramadhan sendiri,muslim seluruh dunia berlomba-lomba untuk melaksanakan amal ibadah,salah satunya dimana mereka melakukan puasa di siang harinya, melaksanakan sholat tarawih dan bertadarus Al-Qur’an sebagai wujud pensucian jiwa.

Dalam ibadah puasa sendiri ada istilah takjil.Takjil adalah istilah umum untuk kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa.Bagi warga Kecamatan Tegalsiwalan,biasanya makanan takjil itu berupa makanan manis seperti kolak pisang, sup buah, es campur, dan lain sebagainya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata takjil memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa.

Bahkan,Allah SWT akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang memberikan takjil (hidangan pembatal puasa/red) kepada orang yang berbuka puasa.

Dalam hadits Nabi riwayat Ibnu Majah disebutkan:

ﻋﻦ ﺯﻳﺪ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ اﻟﺠﻬﻨﻲ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻣﻦ ﻓﻄﺮ ﺻﺎﺋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻣﺜﻞ ﺃﺟﺮﻫﻢ، ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺃﻥ ﻳﻨﻘﺺ ﻣﻦ ﺃﺟﻮﺭﻫﻢ ﺷﻴﺌﺎ»

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa memberi makan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka ia mendapat seperti pahala orang-orang yang puasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.”

Orang yang memberikan takjil untuk berbuka puasa akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa.

Hal tersebutlah yang membuat sebagian orang yang tergabung di grup WhatsApp “Bermanfaat Berbagi Info” yang di nahkodai oleh Ahmad Muzammil (Warga Desa Paras Kecamatan Tegalsiwalan) untuk menyisihkan sebagian rejekinya untuk berbagi takjil pada Jum’at (15/4/2022) sore.

Pantauan kontributor akuratmedianews Probolinggo dilapangan, ada ratusan paket takjil yang dibagikan panitia penyelenggara.Dalam pelaksanaannya, panitia bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat, dan Satpol-PP Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo.

Perlu diketahui, sesuai dengan agenda panitia pelaksana,pembagian takjil yang di gelar secara perdana di depan kantor Kecamatan Tegalsiwalan dengan tema “Ramadhan Berkah Berbagi Takjil” tersebut akan dilaksanakan selama tiga season dengan target para pengguna jalan.Dan pada season terakhir, nantinya panitia akan memberikan santunan kepada sejumlah para anak yatim.

“Alhamdulillah,acara bagi takjil ini mendapatkan respon positif dari seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat setempat.Semoga pada season kedua,kami atas nama panitia penyelenggara bisa memberikan paket takjil yang lebih dari sekarang.”tutur Muasin Satpol provos Mabes Kabupaten Probolinggo

Santi (27), seorang pelintas jalan yang merupakan warga setempat mengungkapkan kekagumannya atas pelaksanaan tersebut.Menurutnya,ini baru pertama kali adanya giat sosial Ramadhan Berkah bagi takjil diwilayahnya.

“Jujur saya salut dengan kegiatan ini,ini baru pertama kali diselenggarakan disini,Gratis lagi.Semoga panitia penyelenggara mendapatkan ridho dan balasan yang baik dari Allah SWT.”Jelasnya sembari melanjutkan perjalanannya.

Sholeh

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.