banner 728x250

Tampung Keluhan Warga, Polres Lumajang Gelar Program Jumat Curhat di Desa Tempursari

  • Share
banner 780X90

Lumajang- Akuratmedianews.com- Kasat Binmas Polres Lumajang AKP Didik Sugiarto melaksanakan Jumat curhat di Balai Desa Tempursari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jumat (15/9/2023).

Usai melaksanakan Jumat Curhat, Kasat Binmas memberikan bantuan sembako kepada masyarakat desa setempat.

Example 300x600

Kegiatan Jumat curhat dihadiri Kepala Desa Tempursari, Kanit Bintibsoss Satbinmas Polres Lumajang, Anggota Satbinmas Polres Lumajang, Babinsa Koramil Tempursari dan Bhabinkamtibmas Desa Tempursari Polsek Kedungjajang.

Dalam sambutannya Kasat Binmas Polres Lumajang AKP Didik Sugiarto menyampaikan, bahwa Jumat curhat dilaksanakan Polres Lumajang digelar secara serentak seluruh wilayah kabupaten Lumajang.

“Program Jumat curhat ini untuk menampung curhatan masyarakat yang nantinya akan dicarikan upayakan solusinya. Kami juga menerima masukan, saran maupun kritikan yang sifatnya membangun bagi Polres Lumajang,” jelasnya

AKP Didik menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap tindak kriminalitas curanmor untuk itu agar memasang kunci ganda pada kendaraan anda.

“Diupayakan bapak bapak sekalian menjadi polisi untuk dirinya sendiri, antisipasi sedini mungkin untuk terjadinya curanmor,” terangnyam

Didik meminta kepada masyarakat untuk
aktifkan kembali untuk pos kamling yang sudah ada setiap malamnya untuk membantu keamanan lingkungan.

“Terkait dengan narkoba, jangan sampai anak cucu kita dan saudara saudara kita mencoba yang namanya narkoba meskipun itu sedikit, karena anak cucu kita termasuk penerus generasi bangsa,” terangnya.

Kasat Binmas menambah, terkait kecelakaan lalu lintas yang paling rawan kepada pengendara roda dua rata rata meninggal dunia. Untuk itu dihimba berkendara dengan benar sesuai dengan peraturan yang ada seperti contoh menggunakan helm SNI.

“Lengkapi kendaraan sepeda motor sesuai standar seperti roda/ban yang standar dipasangi spion, lampu depan, lampu rem belakang serta patuhi rambu rambu lalu lintas yang ada supaya tidak terjadi timbulnya kecelakaan,” ujarnya

Di sela-sela kegiatan Jumat Curhat salah satu warga Sulastro menyampaikan kepada Kasat Binmas bagaimana untuk mengajak masyarakat supaya kompak untuk menjaga lingkungan sekitar

Kasat Binmas menjelaskan bahwa untuk membuat masyarakat kompak menjaga lingkungan kita aktifkan pos kamling kemudian membuat jadwal jaga piket satkamling di pos kamling.

Salah satu anggota Satgas Keamanan Desa (SKD) menyampaikan agar pihak kepolisian memberikan pembinaan kepada SKD.

Kedua apakah diperbolehkan membawa senjata tajam untuk anggota SKD dalam menghadapi pencuri atau tindak kriminalitas

Kasat Binmas menjelaskan bahwa Sat Binmas Polres Lumajang secara rutin terus melakukan pembinaan dan pelatihan kepada SKD Kabupaten Lumajang.

“Terkait dengan senjata tajam bahwa lebih tepatnya kalau membawa senjata tajam tidak boleh karena melanggar UU darurat nomor 12 tahun 1951 , apabila menangkap pencuri atau pelaku kriminalitas jangan sampai di massa dan main hakim sendiri segera laporkan kepolisian terdekat,” tegasnya ( Eko Andhika)

banner 780X90
Writer: Eko AndhikaEditor: Eko Andhika
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *