Tujuh Rumah di Kademangan Blitar Terdampak Tanah Bergerak

by
CEK LOKASI : Sejumlah Pejabat Pemkab Blitar Mendatangi Lokasi Tanah Gerak

BLITAR, Akuratmedianews.com – Sebanyak tujuh rumah di Desa Kebonsari Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar terdampak fenomena tanah bergerak. Tujuh rumah tersebut kondisinya retak-retak.

Bahkan dua  dari tujuh  rumah tersebut terpaksa dirobohkan oleh pemiliknya karena kondisi retakan parah dan membahayakan.

Selain kerusakan rumah, tanah di sekitar pekarangan juga terlihat ambles dan retak membentuk patahan. Tak hanya itu, jalan raya yang merupakan jalan kabupaten yang ada di dekat rumah tersebut juga ambles dan retak.

Dikonfirmasi soal hal ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar Izul Marom mengatakan, tim dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) sudah mengobservasi langsung lokasi. Salah satu hasil kajian cepat PVMBG menyebutkan adanya potensi kondisi yang memburuk dan semakin membahayakan warga di lokasi.

“Dengan kondisi ini maka yang akan dilakukan Pemda dalam jangka pendek adalah merelokasi kawasan pemukiman yang terdampak gerakan tanah. Itu ada 7 rumah warga”, ujar Izul, Selasa (19/4/2022).

Selain merelokasi pemukiman warga, pihaknya juga segera melakukan pembatasan kendaraan yang melintas di jalan raya yang juga terjadi retakan dampak fenomena tanah bergerak.

“Akan segera kita atur pembatasan penggunaan jalan. Jadi kendaraan besar tidak boleh lewat situ. Nanti akan kita kasih rambu,” imbuhnya.(suko)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.