banner 728x250

Resah Aktivitas Kendaran Besar, Warga Kelurahan Sumbertaman Minta Ketegasan

  • Share
banner 780X90

PROBOLINGGO,akuratmedianews.com- Sejumlah pengguna ruas Jalan Sunan Giri Kelurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo, akhir-akhir ini kerap mengeluhkan keberadaan kendaraan besar yang melintas di sepanjang jalur tersebut. Akibatnya, ruas jalan tersebut sering mengalami kemacetan.

Kendaraan besar yang kerap kali melintas di ruas jalan tersebut dinilai tidak sesuai dengan tonase jalan. Selain dianggap mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya, aktivitas kendaraan besar tersebut  dikhawatirkan akan menjadi penyebab utama keselamatan bagi warga setempat maupun pengguna jalan lainnya.

Example 300x600

Sumi (40), yang merupakan warga setempat menjelaskan bahwa aktivitas lalu lalang kendaraan besar di sepanjang ruas jalan depan rumahnya sudah sangat lama terjadi, namun tidak ada tindakan dan pengamanan serius dari pihak terkait,atau kelurahan setempat.

“Sudah lama seperti ini, setiap hari truk-truk besar lewat sini, padahal jalan ini bukan untuk kendaraan seberat itu. Selain dapat merusak kondisi jalan, lalu lalang nya kendaraan besar ini membahayakan pengguna jalan lainnya, apalagi di sepanjang ruas jalan ini ada banyak lembaga sekolah dan pesantren,” tuturnya pada media. Minggu,(22/09/2024) siang.

Selain Sumi, Keluhan demi keluhan terus disuarakan oleh pengguna jalan dan warga lainnya. Mereka berharap agar pihak yang berwenang, baik Dinas Perhubungan, Satlantas, maupun instansi terkait lainnya, segera menindaklanjuti permasalahan ini.

“Kami warga kecil bingung mau mengadu kemana, apa mungkin nanti setelah terjadi kecelakaan atau kerusakan jalan yang lebih parah baru ada tindakan. Kita semua tentunya tidak ingin hal-hal yang buruk terjadi. Harapan kami, Pemerintah Kota Probolinggo bisa segera merespons dan menertibkan kendaraan berat yang tidak sesuai aturan ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui bersama, Aktivitas seperti ini, jika dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan menambah beban biaya perbaikan jalan yang semakin besar di masa mendatang. Tidak hanya itu, potensi kecelakaan akibat jalan yang rusak juga menjadi ancaman nyata bagi keselamatan masyarakat.

Warga berharap agar ada regulasi yang lebih ketat dan pengawasan yang diperketat di sepanjang jalan Sunan Giri. Mereka meminta adanya rambu-rambu pembatasan tonase yang dipasang dan patroli rutin dari pihak berwenang untuk memastikan aturan tersebut dipatuhi oleh para pengendara.

Kini, bola ada di tangan pihak terkait. Tindakan cepat dan tegas sangat dinantikan sebelum muncul masalah yang lebih besar di kemudian hari. Keselamatan dan kenyamanan bersama menjadi hal yang paling utama. (IrSyad/red)

banner 780X90
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *