Peringati Hari Gizi Nasional, Pemkot Kediri Kampanyekan “Remaja Sehat BEBAS Anemia”

by

Kediri, AMNHari gizi nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 Januari. Menyadari pentingnya gizi untuk masyarakat, terutama untuk tumbuh kembang anak dan kebutuhan nutrisi untuk remaja, Pemkot Kediri, mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya pemenuhan gizi seimbang.

“Tahun ini, tema yang diambil adalah Remaja Sehat, Bebas Anemia”,ungkap dr. Hessy, Ahli Gizi RSUD Gambiran Kota Kediri Kemarin Senin, (25/1). Menurutnya, dari data riset kesehatan nasional, 3 dari 10 remaja menderita kekurangan sel darah merah atau biasa disebut anemia.

Ia menjelaskan kondisi ini diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan gizi yang tidak seimbang. “Mayoritas remaja itu suka-suka mereka, pola makan jadi amburadul, hal inilah yang kemudian menjadi penyebab berbagai permasalahan, termasuk anemia itu”,tuturnya.

Selain itu, menurutnya hal ini disebabkan kekurangan zat gizi mikro (karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin) yang seringkali tidak terlihat langsung tetapi mempunyai dampak besar. “Orang-orang jadi kurang produktif karena kekurangan zat gizi mikro ini”,imbuhnya.

Baca juga: 3680 Dosis Vaksin Covid 19 Telah Tiba Di Gudang Farmasi Kota Kediri

Sementara itu, di kondisi pandemi seperti saat ini, intensitas aktivitas fisik jauh berkurang daripada sebelum pandemi. Pasalnya, bagi remaja yang biasanya sekolah tatap muka langsung, melakukan berbagai aktivitas disekolah, kini terpaksa harus beralih kepembelajaran daring yang mana mayoritas terpaku pada layar monitor.

“Asupan makanan harus dijaga, pertama porsi makanan harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan, kurangi makanan dengan kalori yang terlalu tinggi, seperti makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak”,terangnya. Menurutnya, makanan dengan kandungan tersebut adalah sumber tenaga, jika tidak terlalu banyak aktivitas tapi konsumsi terhadap kalori berlebihan, dikhawatirkan akan menyebabkan obesitas.

Baca juga: Dua Pemuda Pengedar Narkoba Dibekuk Satresnarkoba Polresta KEDIRI

Hessy berpesan, terutama saat kondisi pandemi Covid-19 ini disarankan untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah. “Porsinya juga harus diperhatikan, ya bener makan sayur, tapi cuma sepotong itupun tidak rutin ya sama saja, jadi porsi benar-benar harus seimbang antara sayur, buah, protein dan sebagainya”,tandasnya.

Selain itu, ia juga berpesan untuk mengontrol asupan gula “jangan berlebihan, terutama yang suka ngopi itu, jangan terlalu sering, pandailah dalam mengatur pola makan”,terangnya. Menurutnya, bukan artinya dilarang untuk ngopi, tetap diperbolehkan namun jangan keseringan.

Di akhir wawancara, dr. Hessy mengajak masyarakat untuk menerapkan pola makan dengan komposisi gizi seimbang. Untuk orang tua, ia meminta selalu memperhatikan asupan makanan anaknya, terutama bagi remaja. Sebab, menurutnya dampak gizi yang kurang baik tidak hanya jangka pendek tetapi jangka panjang juga. “Eman-eman, mereka merupakan generasi penerus bangsa”, pungkasnya. (Ji)

Tentang Penulihttps://akuratmedianews.com/wp-content/uploads/2023/04/WhatsApp-Image-2023-04-19-at-09.45.50.jpegs: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.