Langkah Jitu Walikota Probolinggo Lahirkan Atlet Profesional

by

Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin Tanding Catur Lawan Ketua Percasi,M.Abbas.


PROBOLINGGO, Akuratmedianews.com – Ratusan pecatur (U-17) dari berbagai daerah mengikuti Turnamen Catur Tingkat Nasional Wali Kota Cup Probolinggo Tahun 2022.Pertandingan tersebut digelar di Gor Kedopok pada,Minggu (28/8/2022).

 

Para pecatur terdiri dari 113 peserta senior dan 71 peserta junior.Dalam turnamen kali ini, mereka memperebutkan juara pada kategori  umum, putra daerah, non master dan junior.

 

Ketua Percasi Kota Probolinggo M Abbas, menjelaskan bahwa,Catur merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan otak. Olahraga ini akan melatih cara berfikir yang cermat, hati-hati dan strategis.  Bahkan di beberapa negara, catur sudah menjadi kurikulum wajib bagi setiap sekolah dasar. Liga catur seperti ini digelar untuk menumbuhkan bibit-bibit pecatur baru, khususnya di lingkup Percasi.

 

 

“Untuk turnamen kali ini diikuti seluruh atlet Jawa Timur. Yang senior, ada yang datang dari Tangerang Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Sumsel, Riau sampai yang paling jauh dari Papua. Hal ini menunjukkan bahwa olahraga catur sangat diminati oleh masyarakat,” terang M Abbas.

 

Ia berharap para pecatur muda yang mempunyai kejelian dan kemampuan lebih, nantinya bisa mengikuti ajang yang lebih tinggi.Turnamen ini menggunakan sisten Swiss tujuh babak. Dimana setiap pecatur bermain tujuh kali dengan sistem random yang sudah ditentukan oleh sistem.

 

“Kami sudah siapkan hadiah berupa uang tunai, totalnya belasan juta rupiah.Selain itu masih ada trofi dan piagam penghargaan untuk para pemenang yang mempunyai point’ banyak,” imbuhnya

 

Menurutnya,kegiatan ini bukan hanya sekedar menjadi ajang kompetisi, lebih dari itu, kegiatan ini juga untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan diantara anak-anak bangsa, terutama para pecatur.

 

“Turnamen ini bukan semata ajang berkompetisi saja tetapi juga sebagai sarana untuk membangun persahabatan dan silaturahmi. Saling sharing, melatih mental bertanding agar ilmunya semakin meningkat,” ujarnya.

 

M.Abbas mengungkapkan,bahwa potensi olahraga catur di Kota Probolinggo sendiri telah berkembang pesat, dan selama ini mampu menorehkan prestasi yang luar biasa, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

 

Lanjut M.Abbas bahwa,Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Probolinggo telah mendirikan sekolah catur.Sekolah Catur tersebut diberi nama Smartchess.Dengan didirikannya sekolah catur tersebut,diharapkan dapat menjadi wadah dan pembinaan bagi atlet-atlet catur junior di Kota Probolinggo.

 

Sementara itu Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang datang ke lokasi, mengatakan, melalui gelaran turnamen catur ini diharapkan dapat mengasah kemampuan peserta sejak dini. Ia mengaku sangat bangga dan mendukung turnamen ini. Sebab, bisa menjadi wujud konkret kepedulian untuk meningkatkan kapasitas pecatur di daerah.

 

“Tentunya saya bangga ya, dan dari event ini bisa meningkatkan peminat bagi pemuda-pemuda pada olahraga catur. Sekaligus kita bisa mengajak masyarakat untuk mengisi waktu luang anak-anak, agar jangan sampai terbuang untuk hal-hal negatif,” ujarnya.

 

Habib Hadi berharap, berbagai cabang olahraga binaan KONI Kota Probolinggo terus berkembang. Caranya adalah dengan memperbanyak event dan kompetisi di usia dini sebagai wadah penyaluran bakat bagi para penggemar olahraga catur. Sekaligus sebagai proses pendidikan dan peningkatan prestasi, sehingga dapat melahirkan atlet-atlet catur yang profesional dalam mengikuti event di tingkat nasional bahkan internasional.

 

“Dengan adanya turnamen ini, diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang berprestasi dalam bidang olahraga catur. Bisa menjadi tempat berlatih sekaligus mengasah kemampuan para atlet catur agar lebih banyak lagi menghasilkan prestasi yang membanggakan dan sekaligus membawa harum nama Kota Probolinggo. Saya minta KONI di tahun 2023 untuk menyelenggarakan cabor-cabor dibawah kewenangannya untuk berlaga di kota sendiri dengan tingat regional,” katanya.

 

Kegiatan yang dirangkai dalam momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 663 Kota Probolinggo itu diharapkannya bisa dilakukan secara rutin agar prestasi pecatur di Kota Probolinggo tak kalah dengan pecatur lainnya. “Turnamen ini merupakan salah satu instrumen untuk meningkatkan prestasi dan kapasitas pecatur,” pungkasnya.

 

Tak mau ketinggalan,dalam kesempatan tersebut Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang datang mengenakan kaos olahraga warna hijau dengan mengendarai motor besarnya pun lantas menjajal kemampuan dengan bertanding melawan Ketua Percasi Kota Probolinggo M.Abbas. Semula sempat diunggulkan, akhirnya Wali Kota Probolinggo Habib Hadi harus mengakui kehebatan M.Abbas dalam permainan asah otak ini.

(Shol)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.