PATUNG BUDHA TIDUR MOJOKERTO, DESTINASI WISATA DENGAN SEGUDANG SEJARAH

by

MOJOKERTO, AMN Patung Budha Tidur ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung ini merupakan patung terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Thailand dan Nepal. Patung Budha Tidur ini berlokasi di dalam Maha Vihara Majapahit. Maha Vihara Majapahit sendiri terletak di jalan raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362. Dari terminal Mojokerto bisa ditempuh dengan mobil selama 20 menit jika jalanan tidak macet.

Pada mulanya, patung ini dibuka hanya untuk kegiatan ibadah umat Budha. Lambat laun banyak pengunjung yang tertarik melihat patung ini. Maka area lokasi patung ini akhirnya diresmikan untuk umum tahun 2012. Posisi patung sebenarnya bukanlah tidur, melainkan posisi saat Siddharta wafat. Patung diberi warna emas untuk mengenang wafatnya Siddharta Gautama. Dibangun di atas kolam air melambangkan abu dari Siddharta yang dibuang ke laut. Di sekeliling bagian bawah patung, terdapat relief yang menceritakan tentang Budha.

Kemegahan patung ini tentu menjadi sajian utama tempat wisata ini. Selain berukuran raksasa warna emas pada bagian patung juga menarik perhatian. Patung ikonik sudah di depan mata, berfoto merupakan hal yang wajib. Selain berfoto di patung, bisa juga berfoto di taman yang ditata dengan indah di sekitar patung. Terdapat pulapatung dari tokoh-tokoh dalam cerita Budha. Di bagian dinding belakang bangunan utama Vihara ini terdapat berbagai relief yang mengisahkan bagaimana budha mengamalkan ajarannya.

Pengunjung tak hanya bisa belajar dan melihat patung saja. Tetapi bisa juga berfoto bersama patung yang beraneka ragam tersebut. Walau ukurannya memang tak sebesar patung Budha tidur tapi aneka ragam patung ini juga memiliki keunikan tersendiri. “Kemegahan paling utama dari tempat wisata ini adalah sejarahnya” kata Ivan Syafrudin salah satu pengunjung. “Bangsa ini besar karna memiliki sejarah yang besar pula” imbuhnya.

Selain Patung Buddha Tidur, di kompleks vihara Mojokerto ini juga bisa menemukan sederet bangunan menarik. Salah satunya adalah Gedung Bhakti Sala Vihara Mojopahit, yang berada di depan pintu masuk. Dari luar gedung ini terlihat begitu megah dengan tembok berwarna kuning dan beberapa arca di sisi kiri dan kanan.

Gedung ini berfungsi sebagai tempat beribadah dan mendengarkan ceramah dhammah oleh biksu. Di dalamnya juga terdapat tiga altar dewa sesuai aliran Buddha yang berkembang di Indonesia, yaitu Buddha Alvalokitesvarah, Sakyamuni, dan Dewi Tara.

Gaya arsitektur yang digunakan di sini merupakan perpaduan unik antara gaya Jawa dan Tiongkok. Terlihat sangat menarik dan pantang untuk di lewatkan.

Harga Tiket dan Jam Buka Patung Budha Tidur:
Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini juga terbilang murah. Dibedakan berdasarkan anak dan dewasa. Harga tiket berlaku sama setiap hari:

Dewasa Rp 5.000

Anak Rp 3.000

Sementata objek wisata ini dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Kawasan wisata ini ditutup jika ada acara keagamaan umat Budha. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan dan hari libur nasional. (SFW)

Tentang Penulihttps://akuratmedianews.com/wp-content/uploads/2023/04/WhatsApp-Image-2023-04-19-at-09.45.50.jpegs: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.