Semua KUA di Tuban Diminta Terus Berinovasi dan Tingkatkan Pelayanan

by
RAPAT DINAS : Kepala Kemenag Tuban Jatim Memimin Rapat Dinas bersama Para Kepala KUA

TUBAN, Akuratmedianews.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir meminta semua Kantor Urusan Agama (KUA) jajarannya terus meningkatkan pelayanan dan inovasi. Hal itu disampaikan Munr saat memberi pembinaan dalam acara rapat dinas KUA se Kabupaten Tuban, Kamis (07/04/2022) di aula Kemenag Tuban.

Munir, panggilan akrab Kakankemenag Tuban mengatakan, revitalisasi KUA saat ini sangat penting dilakukan karena layanan paling terdepan Kementerian Agama ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Atas dasar ini, Menteri Agama juga menetapkan Revitalisasi KUA sebagai salah satu kebijakan prioritas Kementerian Agama,” ujarnya.

Pria melek IT ini menyampaikan Kabupaten Tuban mendapatkan 2 revitalisasi KUA, yakni KUA Kecamatan Tuban dan KUA Kecamatan Soko. Untuk mewujudkan revitalisasi KUA ini ada indikator yang harus di penuhi, bagaimana KUA memiliki manajemen pelayanan yang lebih baik.

“Tapi bukan berarti KUA yang tidak direvitalisasi tidak melakukan inovasi, harus tetap melaksanakan pelayanan dan inovasi yang baik,” tambahnya.

Peningkatan layanan antara lain dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga layanan di KUA makin mudah diakses masyarakat.

“Upaya untuk melakukan inovasi ini Kemenag Tuban sudah melakukan program WhatsApp auto respon, yang mana masyarakat nantinya bisa mengakses dengan cepat data di seputar KUA, dan ini merupakan program unggulan Jawa Timur,” imbuhnya.

Data dari kecamatan itu nantinya akan data di kabupaten dan akan di input di PTSP, sehingga masyarakat tidak perlu ke daerah untuk mendapatkan data tersebut.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari yang mendampingi Kepala Kemenag menjelaskan, selain peningkatan layanan digital juga perlu perbaikan manajemen dan tata kelola birokrasi.

“Program Bimas Islam nanti ada bimtek kehumasan, pesertanya humas dari masing-masing KUA, yang akan menjadi corong seluruh kegiatan di KUA yang harus disampaikan ke masyarakat,” jelasnya.

Ia berpesan supaya KUA ikut andil untuk mensukseskan semua kegiatan di lingkungan masing-masing, termasuk giat Safari Ramadhan yang digelar oleh Pemda kabupaten Tuban. (rendra)

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.