banner 728x250

Tak Perduli Hari Libur, Ketua TP PKK Kecamatan Tegalsiwalan Sulap Daun Singkong Menjadi Produk UMKM Berkelas Bersama TP PKK Desa Tegal

  • Share
banner 780X90

PROBOLINGGO,akuratmedianews.com – Siapa yang tidak mengenal tanaman singkong?. Biasanya umbi ini akan diolah menjadi makanan pengganti beras, sementara daun yang tua sering hanya sebagai makanan hewan ternak.

Namun, ditangan ibu ibu TP PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Tegalsono Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Daun singkong mampu disulap menjadi produk makanan jadi yang mempunyai nilai  ekonomis tinggi, terlebih dalam harga jualnya.

Example 300x600

Demi mendukung program penguatan pangan nasional di wilayahnya, Sekalipun hari libur Camat Tegalsiwalan Hariyanto,S.Sos, M.Si bersama Ketua TP PKK Kecamatan Tegalsiwalan, Windayati terus melakukan  pembinaan  terhadap para ibu ibu anggota TP PKK Desa Tegalsono, Sabtu (11/03/2023) pagi.


Kali ini Camat Tegalsiwalan, Hariyanto,S.Sos, M.Si bersama Ketua TP PKK Kecamatan terus melakukan pembinaan terhadap semua produk unggulan desa. Khususnya produk UMKM berupa olahan pangan Non beras. Salah satunya adalah produk UMKM yang  berbahan dasar dari daun singkong yang dikemas menjadi Dendeng Daun Singkong.

Anehnya lagi, sekalipun berbahan baku Daun Singkong, rasa produk UMKM (Dendeng Daun Singkong/red)  yang olah oleh anggota TP PKK Desa Tegalsono tersebut mempunyai rasa dan bentuk mirip seperti dendeng daging pada umumnya.

“Tak seperti dendeng kebanyakan paa umumnya yang teksturnya masih agak basah. Dendeng daun singkong ini bertekstur kering dan sangat renyah. Warnanya juga hijau gelap. Terlihat jelas serat-serat daun singkong yang bertabur ketumbar.” Jelas Windayati.

Menurutnya, banyaknya petani singkong di wilayah kecamatan Tegalsiwalan membuat dirinya terinspirasi. Sehingga dengan pembekalan yang cukup bagi warga binaannya, dirinya berharap produk UMKM binaannya ini mampu bersaing dengan produk lainnya.

Dirinya juga berharap semua pelaku olahan produk UMKM  yang di milik oleh masing masing desa se Kecamatan Tegalsiwalan berantusias dalam mengembangkan dan mempromosikan produk hasil olahannya.

“Alhamdulillah para peserta yang terdiri dari TP PKK Desa Tegalsono, warga binaañ dan para remaja putri ini sangat antusias dalam mengikuti acara pembinaan ini. Tentunya ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi mereka, dan bisa  menambah pemasukan serta memperbaiki perekonomian warga masyarakat desa setempat. Kedepannya, di kantor Kecamatan Tegalsiwalan akan kami  sediakan etalase guna menampilkan produk unggulan  UMKM dari masing masing  desa. Hasil olahan akan dilabelisasi sedemikian rupa, sehingga tampilan yang elegan bisa  menjadi daya tarik tersendiri terhadap konsumen,” Pungkas Ketua TP PKK Kecamatan Tegalsiwalan, Windayati.

Perlu diketahui, Daun singkong yang dikenal sebagai sayur lalapan sambel ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Dimana di setiap 100 gram daun singkong ini mempunyai kandungan vitamin A mencapai 3.300 RE. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah kanker usus dan penyakit jantung. Kandungan vitamin C per 100 gram mencapai 275 mg dan klorofil daun singkong juga memiliki daya antioksidan dan anti kanker. (Shol)

banner 780X90
Editor: Juaini
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *