banner 728x250

KPU Tuban Bakal Gelar Tiga Kali Debat Kandidat Pilkada, Dimulai Besok Malam

  • Share
DITUNGGU : Debat Adu Gagasan Dua Pasangan Calon di Pilkada Tuban Ditunggu
banner 780X90

TUBAN, Akuratmedianews.com – Salah satu moment yang ditunggu-tunggu para pendukung dan simpatisan masing-masing pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabaup) dalam pilkada adalah debat kandidat.

Di pilkada Kabupaten Tuban, debat kandidat terbuka ini bakal dilaksanakan tiga kali. Debat perdana akan digelar 20 Oktober 2024 besok. Acara akan digelar malam hari.

Example 300x600

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban Zakiyatul Munawaroh, mengatakan bahwa debat antarkandidat akan digelar di rumah makan Grand Javanilla di Jalan Moh. Yamin no 11 Kebonsari, Tuban Kota.

“Debat terbuka perdana paslon bupati dan wakil bupati Tuban, tahap awal tanggal 20 Oktober besok, ‘’ ujarnya.

Ia berharap kepada paslon dalam debat perdana tersebut sebagai ajang adu gagasan antarkandidat untuk memaparkan progam yang ditawarkan pada masyarakat. Zakiyah mengajak masyarakat Tuban untuk menyaksikan siaran yang akan disiarkan streaming dan lewat televisi lokal daerah itu.

“Nanti masyarakat bisa menonton langsung debat terbuka melalui siaran (streming) maupun televisi lokal,” terangnya.

Perempuan yang masih lajang itu menyebutkan, yang bertindak sebagai panelis dan moderator adalah para pakar ahli kalangan profesional, akademisi dan tokoh masyarakat yang kompeten di bidangnya. Namun, dia belum mengatakan nama-nama yang akan menjalankan tugas tersebut.

KPU Tuban berharap agenda debat perdana berjalan lancar aman, damai serta adem ayem. Dengan begitu, pesan kampanye lewat debat terbuka kandidat akan memengaruhi simpati setiap pemilih atau warga yang menonton siaran tersebut.

“Harapan Kami debat berjalan adem ayem. Sebab itu, penyelenggara sekarang persiapan koordinasi dengan stakeholder terkait,” katanya.

Sementara, Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Tuban Gunawan Wihandono menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan rangkaian debat, KPU telah mengundang paslon, Forkopimda, organisasi kemahasiswaan, penyandang disabilitas, dan pendukung paslon sebagai penonton.

Sekadar diketahui di pilkada Tuban 2024, tahapan kampanye mulai sejak 25 September sampai 23 November nanti. KPU memfasilitasi 3 kali debat publik.

Sedang padangan yang bersaing adala nomor urut 1 Riyadi – Wafi Abdul Rosyid dan pasangan nomor urut 2 Aditya Halindra Faridzky – Joko Sarwono. Masing-masing pasangan adalah petahana. Lindra adalah bupati periode sebelumnya, dan Riyadi adalah wakil bupati di periode lalu.(rendra)

 

banner 780X90
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *