Disukai Milenial dan Pemilih Perempuan, Elektabilitas Lita Machfud Arifin Makin Kokoh di Papan Atas

by

 

SURABAYA – Lita Machfud Arifin kembali memberi kejutan. Dari seluruh caleg DPR RI Dapil Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo), nama Lita Machfud Arifin tercatat sebagai satu-satunya caleg yang memiliki calon pemilih dengan kemantaban pilihan paling tebal.

Demikian hasil survei yang dilakukan Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) pada Senin (19/9). Selain memiliki calon pemilih paling mantab, Lita juga tercatat sebagai satu-satunya caleg yang memiliki trend kenaikan elektablitas paling konsisten dari periode ke periode survei.

Dalam tiga kali periode survei yang dilakukan ARCI, elektabilitas istri Irjen Pol (purn) Machfud Arifin itu terus menanjak. Dari 1,2 persen di bulan April tahun 2022, elektabilitas Lita kemudian naik menjadi 2,72 persen di bulan Juli 2022. Senin (19/9) Kemarin, elektabilitas Lita naik lagi menjadi 3,5 persen.

Sebaliknya, elektabilitas sejumlah caleg incumbent yang selama ini berada di papan atas cenderung turun. Misalnya Bambang DH yang pada survei Juli 2022 lalu meraih elektablitas 8,16 persen, kemarin turun menjadi 7,8 persen.

Syaikhul Islam yang sebelumnya berada di peringkat dua dengan elektabilitas 6,12 persen, pada survei kemarin turun menjadi 5,8 persen. Puti Guntur Soekarno yang pada periode Juli lalu meraih 4,08 persen, kemarin turun menjadi 3,9 persen.

“Ini pertanda bahwa peluang Nasdem pecah telur untuk DPR RI dari Dapil Jatim I pada pemilu tahun 2024 nanti semakin terbuka lebar, ” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt.

Dari paparan yang disampaikan ARCI, elektabilitas Lita saat ini menempel ketat Puti Guntur Soekarno dan Adies Kadir. Secara berurutan, elektabilutas Lita Machfud Arifin menempel ketat Puti Soekarno (3,9) dan Adies Kadir ( 3,8).
Menurut Baihaki, kenaikan elektabilitas Lita hampir merata di seluruh Dapil di Surabaya. “Kecuali Dapil tiga ( Rungkut, Wonocolo, Mulyorejo, Bulak, Tenggilis Mejoyo, Gunung Anyar, Sukolilo). Tim harus bekerja lebih keras lagi,” terang Baihaki.

Di Sidoarjo, kenaikan elektabilitas Pengurus Pusat Dewan Kerajinan Nasional ini juga mulai menyebar ke sejumlah wilayah. Bukan hanya di Kecamatan Waru. Di Buduran, Taman, di wilayah kecamatan kota Sidoarjo, elektabilitas Lita juga mulai naik.

Yang menarik, lanjut Baihaki adalah tingkat kemantapan pemilih. Dari sekian caleg yang disurvei, ternyata hanya calon pemilih Lita Machfud Arifin yang menyatakan tidak akan berpindah pilihan. Jika ada kemungkinan (pindah), lanjut Baihaki angkanya sangat kecil.

” Mereka itu yakin dengan figur Ibu Lita. Ketika responden kita sodori pertanyaan, apakah nanti punya pilhan caleg lain selain Ibu Lita, mereka menjawab singkat, tidak,” terang besan KH Mukmin Shobari -pengasuh Ponpes At Taufik, Bogem, Jombang ini.

Di antara responden yang disurvei, Sebagian dari mereka, lanjut Baihaki sudah mendengar informasi tentang kepedulian Lita Machfud Arifin selama ini. Termasuk berbagai kegiatan social lainnya yang selama ini sudah banyak diberitakan media.

DISUKA PEMILIH PEREMPUAN

Temuan lain dalam survei tersebut, juga mengungkap bahwa di kalangan gender, Lita Machfud Arifin ternyata lebih disuka oleh pemilih perempuan. Hampir Sebagian besar responden perempuan, menyukai Lita Machfud Arifin.

“Yang juga tidak kalah penting, dari kelompok umur, mereka yang memilih Ibu Lita ini mulai dari milenial, yakni dari usia 17 tahun sampai usia 55 tahun. Mereka ini yang dominan,” pungkas Baihaki.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Lita Machfud Arifin mengapresiasi dukungan warga Surabaya dan Sidoarjo yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya. Menurutnya, disaat banyak orang yang berkompetisi, tidak mudah menanamkan kepercayaan kepada masyarakat.

“Tentu hasil ini harus kami syukuri. Tapi, yang paling penting adalah kinerja tim tidak boleh lengah. Terus saja melakukan kebaikan, bangun komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat dan berkordinasi dengan mereka. Karena modal sebenarnya menjadi anggota DPR RI adalah menampung aspirasi untuk mencari solusi,” kata caleg yang akrab disapa LMA ini. (adm)

 

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.