banner 728x250

Dua Gua unik di temukan di Desa Mulyo Agung Kecamatan Singgahan Tuban

banner 780X90

Tuban AMN :Telah ditemukan dua gua unik di kawasan milik Perhutani, persisnya di Desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Oleh warga Desa , dua gua tersebut dinamai Gua Temugiring dan Gua Putri Tinumpuk. Kekinian, penemuan gua itu sampai viral di media sosial dan banyak diperbincangkan publik.

Example 300x600

Di dalam Gua Temugiring terdapat banyak bebatuan stalakmit dan stalaktit yang indah dipandang. Di dalam gua juga terdapat oase atau danau dari air terjun kecil melintasi gua.

Baca Juga wakil bupati sidoarjo H subandi SH terpilih secara aklamasi sebagai ketua dpc pkb sidoarjo 2021-2026

Sedangkan Gua Tinumpuk memiliki keunikan tersendiri. Warga sekitar menamai Gua Tinumpuk karena ornamennya yang menempel dengan pintu lubang sekitar 1,5 meter.

Baca Juga kepala syahbandar upt ppp mayangan probolinggo ingatkan pemancing untuk tidak mancing dengan alasan keselamatan

Dalam gua ini terdapat batuan stalakmit dan stalaktit menyambung dengan batu dan saat dipukul mengeluarkan suara mirip alat musik gamelan.

“Keunikannya ornamen stalakmit-stalaktit bagus dan menyambung dari bawah ke atas. Dan ketika ditabuh menimbulkan suara-suara seperti gamelan,” kata Muhtar Desa Molyo agung

Ia melanjutkan, bahwa Gua Putri Tinampuk ini hanya dapat dijangkau kurang lebih 20 meter. Namun, diperkirakan panjang bisa lebih, lantaran lorong gua di dalam gelap serta belum adanya alat memadai untuk memetakan gua. Berbeda dengan gua Temugiring yang panjangnya sekitar 540 meter.

Menindaklanjuti temuan gua tersebut, Ia berharap ada perhatian serius dari pemerintah.

Baca Juga kiai nizar irsyad kembali pimpin mui kota probolinggo

“Saya harap ada perhatian pemerintah Desa karena ada beberapa ornamen yang rusak karena ulah warga yang tidak bertanggung jawab,

Apalagi Gua ini bisa menjadi obyek wisata kalau bisa di kelola oleh pemerintah Desa untuk mengangkat perekonomian warga sekitar khususnya warga Desa mulyo agung pangkasnya ( Sofi )

banner 780X90
banner 120x600

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *