Panitia Sedekah Bumi Kelurahan Prigen Sukseskan Budaya tradisi dua tahunan

by

 

Pasuruan akuratmedianews.com

12 Juni 2024

Ribuan warga Lereng Gunung Arjuno di Kelurahan Prigen, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan menggelar sedekah bumi, Minggu (9/6/2024) pagi lalu.

Budaya sekaligus tradisi dua tahunan tersebut dipusatkan di Lapangan Desa setempat, dan dihadiri langsung oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto; Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pasuruan, Diano Vella Fery; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tri Agus Budiharto, serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Tri Krisni Astuti.

Pantauan di lapangan, acara tersebut berisikan parade hasil bumi warga Prigen. Mulai dari buah-buahan, sayur mayur, hingga aneka kue, jajanan pasar dan makanan ringan yang dibentuk menjadi ancak raksasa.

Ketua Panitia Sedekah Bumi Kelurahan Prigen, H.Nur Cholis menjelaskan, total ada 46 ancak raksasa yang diarak keliling kampung. Setelah selesai, barulah puluhan ancak tersebut dikumpulkan jadi satu di lapangan desa, didoakan, dan diakhiri dengan rebutan (berebut) isi ancak untuk bisa dibawa pulang.

Ancak-ancak yang diarak juga dihias sehingga terlihat cantik. Banyak juga ancak yang dilengkapi dengan replika hewan ternak dan satwa dan pawainya diikuti ratusan orang serta dimeriahkan kesenian terbangan, bantengan, hingga barongsai.

“Sudah rutin kami lakukan selama dua tahun sekali, dan ramai sekali,” ungkapnya.

Dijelaskan Cholis, tujuan digelarya sedekah bumi adalah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan hasil bumi untuk masyarakat.Serta mengharap keselamatan semua warga,jauh dari balak dan becana serta diberikan kesjahteraan masyarakatnya.

Pelaksanaannya pun sangat meriah, bahkan lebih meriah bila dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

“Sebab dua tahun lalu masih baru selesai covid, jadi masih transisi dan penyesuaian terhadap kebiasaan masyarakat sini,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Andriyanto berterima kasih kepada seluruh warga Prigen yang tetap mempertahankan Sedekah Bumi sebagai tradisi yang terus lestari hingga kini.

Ia pun mengajak seuruh masyarakat untuk tak hanya meramaikan kegiatan dengan datang ke tempat acara. Namun ikut memviralkan budaya tersebut agar semakin dikenal oleh para wisatawan yang tertarik berpiknik ke Kecamatan Prigen.

“Saya lihat juga ada Sunatan Massal dan pemberian bendera merah putih 10 ribu untuk warga Kecamatan Prigen. Ini bagus sekali dan sangat positif pada upaya pelestarian budaya lokal. Mari kita viralkan agar semakin banyak yang ingin datang ke Prigen ini,” harapnya.(Red).

 

 

Tentang Penulihttps://akuratmedianews.com/wp-content/uploads/2023/04/WhatsApp-Image-2023-04-19-at-09.45.50.jpegs: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.