Suko Widodo; Milenial dan Generasi Z Pengaruhi Elektabilitas Tokoh Muda PDI Perjuangan Sidoarjo

by

SIDOARJO Akurat Media News-Pakar komunikasi dan politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Suko Widodo menilai naiknya elektabilitas tokoh muda di Kabupaten Sidoarjo sesuai hasil rilis Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan jika ada kencenderungan masyarakat menginginkan ada tokoh muda di Pemerintahan.

Dia mencontohkan masuknya nama Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Samsul Hadi yang meski bukan Anggota DPRD, tapi namanya cukup populer di mata warga sehingga masuk 5 tokoh muda dengan elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo.

“Survei ARCI merekam fenomena elektabilitas Samsul Hadi masuk di 5 besar Calon Wakil Bupati Sidoarjo. Padahal Samsul ini bukan siapa-siapa, dia bukan Anggota DPRD Sidoarjo, hanya Kader Partai yang menjabat Sekretaris DPC, tetapi Samsul memenuhi ekspektasi kaum muda atau Millenial,” kata Suko Widodo kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

Lebih jauh Suko mengungkapkan jika memang ada fenomena saat ini Pemimpin dari kalangan muda atau millenial bisa menggantikan kalangan tua atau senior yang dianggap stagnan atau dianggap tidak ada perubahan.
Tak hanya itu tokoh muda yang mau turun ke masyarakat juga berpotensi mendapatkan dukungan khususnya dari Generasi Milenial dan Z.

“Samsul Hadi merepresentasikan dan memenuhi ekspektasi generasi muda dan Z. Apalagi sebagai kader muda Partai, Samsul Hadi juga rajin turun kebawah dan rajin menggunggah kegiatanya di Media Sosial (Medsos) itu salah satu yang mendongkrat kepopuleranya,” ungkap Suko.

Suko menambahkan jika Pemilih milenial dan generasi Z nantinya merupakan calon pemilih potensial. Jumlahnya bisa mencapai 52%.

“Potensi Samsul Hadi sebagai representasi kaum muda inilah yang mendapat hati dari milenial dan generasi Z, sehingga elektabilitasnya terekam tinggi di survei ARCI tersebut,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur lembaga survei ARCI, Baihaki Sirajt mengungkapkan jika nama Samsul Hadi Masuk 5 besar dengan elektabilitas tertinggi sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi elektabilitas tokoh muda PDI Perjuangan Sidoarjo itu, Diantaranya gentolnya Samsul mengkampanyekan program Partainya di Media Sosialnya (Medsos). Kemudian dia adalah kader murni Partai besutan Megawati Soekartono Putri tersebut.

“Dia kader partai, kemungkinan Kader Partai PDI Perjuangan di Sidoarjo ingin sekali ada kader yang duduk Pendopo Sidoarjo di Pilkada Sidoarjo tahun 2024 mendatang,” Ungkap Baihaki saat rilis hasil survei ARCI di Kabupaten Sidoarjo, Rabu (18/5/2022) kemarin.

Lebih jauh Baihaki menegaskan jika survey ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022, dengan jumlah responden proporsional.

“Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 400 responden dengan margin of error kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebersar 20 %, sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot chek) dalam kualiti kontrol dan tidak di temukan kesalah yang berarti. Wawancara dilakukan dilapangan tanggal 11 April hingga 25 April 2022,”pungkasnya.

 

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.