Ida Ayu Ketut Widnyani Wulan Pimpin DPW GARPU Bali

by

Jakarta .akuratmedianews – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) menyerahkan mandat Kepada Ida Ayu Ketut Widnyani Wulan untuk menjadi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) GARPU Bali. Wulan juga merupakan Wakil Ketua Bidang UMKM DPW Partai NasDem Bali yang ditunjuk oleh DPW Partai NasDem untuk memimpin DPW GARPU Bali.

Penyerahan mandat diserahkan langsung Ketua Umum DPP GARPUJufry Lumintang, didampingi oleh Wakil Ketua Umum Syarifuddim Ali, Sekretaris Jenderal Fridrik (Fritz) Makanlehi, Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi Iqbal Ismy, Ketua Media dan Komunikasi Lee Putera, Ketua Bidang Penilitian dan Pengembangan Marta Sanjaya, Ketua Bidang IT Yohanis Kurnia, Ketua Bidang UMKM Auda Darmus, dan Sekretaris Bidang Industri dan Investasi Anjas yang dilakukan secara virtual zoom pada 20/2/2022.

Sebelum menyerahkan mandat, terlebih dahulu dilakukan fit and proper test kepada Wulan. Selanjutnya, Ketua umum dan jajarannya menyetujui Wulan menjadi Ketua GARPU Bali.

Pada saat fit and proper test, Jufry menawarkan UMKM Desa di Bali yang harus diciptakan dan diperjuangkan oleh Wulan. Jufry menilai Provinsi Bali dikenal sebagai potensi pariwisata yang dikunjungi para wisatawan, maka potensi untuk UMKM Desa sangat baik untuk dibentuk.

Sehingga ia menawarkan agar Ketua DPW GARPU Bali dan jajarannya bisa membentuk UMKM Desa.

Menurutnya, program UMKM Desa akan membantu ekonomi desa dan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Kaka Wulan, terima kasih sudah bersedia menjadi Ketua GARPU Bali. Bali mempunyai sektor pariwisata yang dilirik oleh mata dunia sehingga ini kesempatan untuk memperbanyak UMKM,” katanya.

“Kalau dibuatkan UMKM Desa akan sangat bagus dan mampu membantu masyarakat desa. UMKM Desa bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” sambungnya.

Masa pembentukan DPW maupun DPD GARPU Bali hanya satu bulan saja, yaitu 10 Februari – Maret 2022.

“Waktu untuk membentuk DPW GARPU Bali hanya satu bulan sehingga Kaka Wulan bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membentuk DPW maupu DPD se- Bali,” tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum, Syarifuddin Ali. Menurutnya, pariwisata Bali sedang dilirik secara global. Oleh karena itu, kehadiran GARPU di Bali tentu akan mendongkrak dan membantu UMKM.

Syarif menilai pembentukan DPW GARPU Bali sangat tepat sebab adanya bangkitan dari sektor pariwisata yang sangat tinggi di Bali. Ini akan berdampak pada sektor UMKM.

Sementara itu, selaku Calon Ketua DPW GARPU Bali Wulan siap memperjuangkan aspirasi UMKM Bali.

“Basically Saya siap kk, semuanya sudah ok..Program nya Akan saya buat, masukin app Dan digitalisasi,” sebutnya dalam keterangan tertulisnya.

Provinsi Bali sebagai daerah pariwisata yang terbaik hingga berdampak pada kebangkitan potensi UMKM.

“Memang di Bali, Saya melihat UMKM -nya itu luar biasa dan apalagi potensi Bali yang saya ikuti UMKM sangat luar biasa . Saya fokusnya yang vendoring. Jadi, organisasi kecil – kecil yang mudah – mudahan GARPU di Bali ini bisa membantu masyarakat kecil,” ujarnya.

Menurut balitbang.bulelengkab.go.id, sektor UMKM di Kabupaten Buleleng dalam menopang perekonomian masyarakat Buleleng berkembang dengan baik. Perkembangannya dapat dilihat dari meningkatnya jumlah UMKM yang ada di Kabupaten Buleleng. Tahun 2019 Buleleng memiliki UMKM sebanyak 34.374 unit. Jumlah ini sangat besar sehingga kontribusi UMKM terhadap perekonomian Buleleng sangat dirasakan terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Namun sejalan dengan adanya pandemi Covid 19 ini, UMKM menghadapi kendala dalam perkembangannya, diantaranya penurunan angka penjualan, kesulitan bahan baku, penurunan produksi, permodalan, terhambatnya distribusi, dan yang paling parah adalah PHK buruh. Untuk mengatasi hal tersebut dipandang perlu untuk menganalisa lebih mendalam permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Sehingga nantinya dapat diambil upaya dan atau kebijakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Harapannya UMKM tetap bisa eksis dalam menopang perekonomian Kabupaten Buleleng. (Balitbang/21).

Namun akibat dampak pandemi Covid-19, sektor UMKM pun mengalami keterpurukan.

Lanjutnya, balitbang.bulelengkab.go.id menjelaskan. dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 juga dirasakan sektor UMKM. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi diketahui bahwa 1.785 koperasi dan 163.713 pelaku UMKM terdampak pandemi Covid 19. Kebanyakan koperasi yang terkena dampak Covid 19 bergerak pada bidang kebutuhan sehari-hari, sedangkan sektor UMKM yang paling terdampak yakni makanan dan minuman. Kementerian Koperasi dan UMKM juga mengatakan bahwa koperasi yang bergerak pada bidang jasa dan produksi juga paling terdampak pada pandemi Covid 19. Para pengelola koperasi merasakan turunnya penjualan, kekurangan modal, dan terhambatnya distribusi. Sementara itu sektor UMKM yang juga merasakan dampak selama pandemi Covid 19 adalah industri kreatif dan pertanian.

Juga merasakan dampak adanya pandemi Covid 19. Bulan Juni 2020, kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali hanya 32 kunjungan. Jumlah tersebut turun sedalam -11,11 persen dibandingkan dengan bulan Mei 2020 (m-to-m) yang sebanyak 36 kunjungan. Bila dibandingkan dengan bulan Juni 2019 (y-on-y) yang jumlah wismannya mencapai 549.516 kunjungan, maka jumlah wisman pada Juni 2020 tercatat turun sedalam -99,99 persen.

Berdirinya GARPU di Bali semoga dapat membantu dan mendorong masyarakat untuk terus mengembangkan UMKM. Sebab, jika UMKM bangkit maka ekonomi Indonesia perlahan – lahan akan pulih kembali.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Fritz mengatakan, perempuan memimpin merupakan hal yang baik bagi kemajuan GARPU. Sebab, kata dia, hampir puluhan DPW GARPU yang sudah terbentuk, semuanya dipimpin oleh laki – laki. Namun Bali dipimpin oleh perempuan.

“Kami sudah bentuk puluhan GARPU, hampir semuanya dipimpin oleh laki -laki. Kini, GARPU Bali dipimpin oleh perempuan. Ini sangat menarik dan langkah awal yang baik untuk membesarkan GARPU sekaligus Partai NasDem Provinsi Bali,” pungkas Sekjen DPP GARPU yang juga merupakan Putera Alor – NTT itu ( Edo )

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.