Mas Dokter Fauzan Turun Jalan Meledang Sampaikan Imbauan Wajib Prokes

by

Kediri-akuratmedianews.com – Jumat (11/2) Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gelar kegiatan Sosialisasi dan Promosi Kesehatan Dalam Rangka Mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 di Kota Kediri. Dalam mensukseskan sosialisasi dengan cara ledang ini, Dinkes turut menggandeng personil gabungan TNI dan Polri serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). “Ledang ini bukan yang pertama bagi kami, dan kami memilih sosialisasi dengan cara ledang mengingat akhir-akhir ini peningkatan jumlah warga terkonfirmasi Covid-19 cukup signifikan,” ujar dr Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Terdapat wajah baru dalam ledang yang diselenggarakan Dinas Kesehatan pagi ini, pasalnya terdapat dua LSM: Ikatan Pemuda Kediri (IPK) dan Saroja yang turut berkontribusi. “LSM kan punya kelompok masyarakat, jadi sebagai mitra mereka sudah punya massa. Paling tidak dengan massa dan pengaruhnya di masyarakat kita akan dibantu untuk sosialisasi,” terang dr Fauzan.

Lanjutnya, menurut dr Fauzan, metode ledang juga cukup efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat selain media-media promosi lainnya.

Sebelum meledang, peserta merapat ke halaman Balaikota Kediri guna melakukan persiapan. Titik pertama yang disasar Dinkes beserta tim ialah Alun-Alun Kota Kediri. “Meski kami sosialisasi dengan cara yang eye catching, kami tetap melaksanakan prokes secara ketat dan kami jaga jarak dengan masyarakat agar tidak menyebabkan kerumunan,” tegas dr Fauzan.

Beranjak dari lokasi pertama, seluruh tim melanjutkan sosialisasi menuju kawasan Taman Sekartaji dan diakhiri dengan menyasar seluruh Puskesmas di Kota Kediri. Disela-sela kegiatan, tim juga membagikan masker dan flyer kepada masyarakat yang sedang melewati jalan. “Ada sembilan Puskesmas yang kami tuju. Untuk tiap puskesmas sudah punya tim Promosi Kesehatan (Promkes) masing-masing, rata-rata 5-10 orang promkes,” jelas Kadinkes.

Selain membagikan masker gratis dan media promosi lainnya, Dinkes menyampaikan kepada masyarakat bahwa Kota Kediri naik status PPKM menjadi level 3. Akan tetapi, pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan. Apabila merasakan sakit ataupun gejala yang menyerupai Covid-19, cukup periksakan diri ke Puskesmas terdekat. “Kalau gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) cukup isolasi mandiri atau ke Isoter,” imbaunya.

Kepala Dinkes berharap agar penanganan pandemi tidak hanya ditangani oleh Dinkes maupun Puskesmas, akan tetapi juga sumbangsih masyarakat. Ia telah mencontohkan melalui LSM yang telah terlibat dalam kegiatan sosialisasi. “Harapannya kalau semua elemen masyarakat mau bergotong royong untuk membantu pemerintah menangani pandemi, maka pandemi akan cepat berakhir,” pungkasnya. ( Ji )

About Author: Redaksi

Gravatar Image
akuratmedianews.com - Seputar Informasi Menarik dan Berita Daerah Maupun Nasional Terkini dan Update Setiap Hari. PT. Karsa Pers, SK Kemenkumham dan HAM nomor AHU-0048995.AH.01.01. TAHUN 2020. NPWP: 96.049.734.5-609.00. Marketing: tlp:(031) 82520213, WA: +62 81246718660, WA:+62 85733352993

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.